Monday, May 13, 2019

Pengalaman SAKSI 2019

SAKSI adalah singkatan dari Studi Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia, kegiatan ini dilakukan di Denharrahlat komando strategis angkatan dara (KoStrAD) untuk kelas 7 angkatan 27 dari labschool Jakarta. Kegiatan SAKSI dilaksanakan pada tanggal 1-3 Februari, kami satu angkatan berangkat dari Labschool Jakarta pada tanggal 1 Februari dengan bus, satu bus berisi tiga kelompok. Kelompok 1,2,3 putra ada di bus 1 sedangkan kelompok 4,5,6 putra ada di bus 2 dan kelompok 7,8,9 putra ada di bus 3. Saya sendiri ada di bus 2 karena saya masuk di kelompok 5, sebelum melakukan perjalanan kami melakukan APEL pelepasan oleh sekolah. Perjalanan dari jakarta menuju Denharrahlat memakan waktu sekitar 3 jam, setelah sampai di sana kami langsung turun dan berbaris sebelum melakukan APEL pembukaan kami diberi kesempatan untuk ke toilet karena di toilet mengantri jadi agak lama.
Hari pertama disana full materi, materi pertama adalah tentang kepemimpinan dan pengenalan lingkungan oleh komandan Denharrahlat yaitu LetKol Inf. Jos Suhartono
sebelum menuju ke materi kedua yang laki-laki melaksanakan solat Jumat terlebih dahulu setelah solat jumat kami  disuruh berbaris untuk mengambil makan kami makan dengan dihitung, kami disuruh mengambil nasi, lauk, sayur, kerupuk, buah, dan air minum setelah selesai makan langsung dilanjutkan dengan materi kedua oleh SIOUX materinya adalah tentang pengenalan reptile, tapi sayangnya hanya ular yang diperkenalkan selain itu kami juga diberitahu jenis-jenis gigi ular  sampai penanganan jika digigit atau dibelit.
Materi ketiga diisi oleh BrigJen polisi.Dr Viktor tentang bahaya dari narkoba ternyata materi yang diisi oleh Dr. Viktor seru, karena tidak hanya belajar kami juga bermain dan ada dapet uang dan nominal uangnya lumayan besar, yaitu 100-300 ribu stelah selesai materi ketiga kami disuruh bersih-bersih diri dan ganti baju setelah itu kami menuju ke tenda utama untuk solat maghrib. Selesai solat maghrib ada fun games yang dilakukan secara berkelompok, ada permainan memasukkan paku ke dalam botol, estafet karet dengan menggunakan sedotan, menahan 10 koin di tangan 5 orang dan bertahan di satu lembar kertas Koran dan kelompok saya tidak berhasil bertahan, Selanjutnya ada pengaran dari Pak Adi untuk beristirahat dan untuk besok.
Tanggal 2 Februari, kami dibangunkan pukul 4 oleh OSIS dan disuruh menuju ke tenda utama untuk solat subuh sambil menunggu yang lain yang belum datang kami membaca asmaul husna setelah solat subuh kami diarahkan untuk mengganti baju setelah mengganti baju kami melaksanakan kegiatan outbond, selesai outbond kami solat zuhur dan makan siang. Pada sorenya ada parade busana, malamya ada pentas seni setelah itu kami tidur pukul 11. Besoknya kami pulang ke Jakarta

No comments:

Post a Comment