Monday, May 13, 2019

Ringkasan dari Buku "Rahasia Menulis Kreatif" Karya Raditya Dika

Daftar: 1. PERSIAPAN SEBELUM MENULIS
              2. DASAR-DASAR MENULIS KREATIF
              3. SETELAH MENULIS
1. Persiapan Sebelum Menulis
Banyak calon penulis yang dalam membuat karyanya  langsung  menulis,  tanpa  mempersiapkan apa pun terlebih dahulu. Biasanya kejadiannya seperti ini:  seorang  calon  penulis  lagi  di  mobil,  tibatiba mendapatkan  ide  untuk  membuat  novel,  lalu  lang sung pulang ke rumah membuka laptop.
Dia menulis dan  menulis,  hingga  akhirnya  sampai  halaman  tiga puluh.  Dia  terdiam  dan  bertanya  kepada  dirinya sendiri,  "Selanjutnya  gue  apain  ya,  nih  cerita?"  Dia pun menyimpan naskah novel ini, berkata kepada diri mereka bahwa "novelnya mentok". Selanjutnya, terjadi lagi, ide datang di tempat yang tidak terduga, lalu dia membuka  laptop,  mencoba  menulis  dan  mentok  lagi di  halaman  tiga  puluhan.  Begitu  terus  sampai  akhir zaman.
Di bagian pertama ini kalian akan mempelajari apa yang harus dilakukan sebelum menulis .
A. Menggali Ide
Saya akan memberi tahu langsung to the point: ide sangat sulit dicari. Kami, para penulis, bahkan menamakan  kesulitan mencari ide  sebagai white  paper  syndrome, yaitu sindrom kertas putih. Sindrom ini  terjadi ketika  kami  membuka  halaman  kosong  di  Microsoft Word, lalu  hanya melihat  kursornya  berkedap kediptanpa  tahu harus menulis apa. Sepanjang waktu yang terlihat hanya kertas kosong. Ide tidak kunjung datang.
Kamu  pasti  pernah  mengalaminya,  ingin  sekali menulis cerita, tapi yang dilakukan hanya bengong berjamjam  tak  tahu harus menulis  apa.  Ide  seakanakan makhluk langka yang jarang sekali orang lihat, seperti siluman  buaya  putih  dalam  sebuah  perkampungan.
Ide yang baik seolah datang setahun sekali, bahkan ada yang bilang ide itu kayak nyari wangsit, datang dengan sendirinya. Benarkah?
Buat  saya,  tidak.  Ide  tidak  datang  dengan  sendirinya.  Kita  yang  harus  menggalinya.  Seperti  sebuah harta karun yang  tertimbun, ide yang baik harus kita gali. Gali di mana? Gali dalam diri kita sendiri, karena ide  yang  baik  tersembunyi  di  dalam  diri  kita  sendiri, tanpa kita sadari.
Semua penulis mungkin punya metodenya sendiri dalam menggali ide. Namun, ini adalah rahasia saya: IDE DATANG DARI KEGELISAHAN.
Semua karya yang Raditya Dika ciptakan berasal dari kegelisahan dari mulai  film
sampai standup comedy idenya didapat dari membongkar kegelisahannya, sebgai contoh skenario film
Cinta Brontosaurus yang dia tulis ketika dia sedang patah hati, setelah pacaran selama empat tahun. Pengalaman itu  membuat  saya  jadi  percaya  cinta  bisa  kedaluwarsa.
Kegelisahan ini yang saya akhirnya buat menjadi skenario film. Cinta Brontosaurus dia ciptakan untuk menjawab: benarkah cinta bisa kedaluwarsa?
Pada masa yang lain, dia punya kegelisahan terhadap malam minggu. Waktu itu saya tidak punya pacar, dan bingung mau ngapain ketika malam Minggu
tiba.  Setiap malam Minggu,  kerjaannya  cuma  nonton bola di rumah. Palingpaling juga ngobrol sama kucing. Sesekali saya pergi kencan, biasanya juga berujung ga
gal.  Saya merasa  harus menuangkan  kegelisahan dan pengalaman  saya ini  ke  dalam  sebuah  serial  komedi.
Maka,  saya membuat Malam Minggu Miko,  cerita  tentang cowok cemen yang ingin mendapatkan pacar setiap malam Minggu.
MENGENALI KEGELISAHAN
Sekarang kamu sudah tahu bahwa ide datang dari kegelisahan. Tapi, bagaimana jika kamu tidak menggelisahkan apaapa? Jawabannya, tidak mungkin. Sebagai

No comments:

Post a Comment